Merumuskan Gerakan Indonesia Mendunia
Oleh : Faisal Hilmi, Inisiator & Presiden Gerakan Indonesia Mendunia
Tulisan ini dipresentasikan pada meeting pertama Tim
di Perpustakaan Utama, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 26 Agustus 2014
Ada
sesuatu yang menyemangati saya ketika berkunjung ke beberapa negara. Semangat
itu adalah membawa identitas bangsa dan sesuatu yang di miliki negri kita
disebarluaskan kemanfaatan dan pengaruh baiknya pada dunia. Gerakan Indonesia mendunia terbersit begitu saja dan penuh tenaga saat melihat
Indonesia di negri orang.
Apa
sih gerakan Indonesia mendunia itu? Sederhanya kita sebagai
manusia Indonesia dan kondisi yang dimiliki Indonesia dapat tersebar ke luar
negri pengaruh baiknya dan manfaatnya. Contoh mudahnya misalnya dalam bidang fashion.
Harapannya batik dapat mempengaruhi perubahan budaya berpakaian generasi muda
seantaro dunia. Contoh lain produk dan layanan yang kita miliki. Saya ketika ke
Kuala Lumpur Malaysia sangat senang dan bangga merek Es Teller 77 bisa
buka cabang disana. Terus juga ketika saya mengunjungi mall Vivo City di
Singapore (dekat Sentosa Island) di food court sana ada masakan padang.
Sungguh bangga rasanya dan sangat bahagia produk kita bisa ada di negeri orang.
Merumuskan Gerakan Indonesia Mendunia |
Lebih sederhanya lagi. Apa yang dilakukan negara maju seperti Amerika dapat
kita lakukan. Kita ambil alih tugas itu. Bayangkan misalnya merek Macdonald
begitu tersebar seantero bumi. Masyarakat dunia begitu menyukai produk
makanannya. Saat saya ke Kuala Lumpur, Singapore, Manila Filipina, hingga Macau
China merek itu tersebar kemana-mana dan mudah ditemukan. Tapi bagaimana dengan
merek rumah makan masakan padang dan warteg kita? Saya bersyukur masakan padang sudah mulai go
international.
Begitu juga dengan celana jeans. Berawal dari Amerika dan Eropa, sekarang
celana itu menjadi celana wajib yang hampir selalu digunakan generasi muda di
belahan dunia manapun. Tapi bagaimana dengan produk dan layanan kita? Dengan
khzanah yang Indonesia miliki bisakah memberi kemanfaatan yang luas ke
berbagai lapisan penduduk bumi.
“Ini gak mudah
man! Terlalu bermimpi kamu! Urus dalam negri aja belum kelar!”
Sebagai genarasi muda Indonesia, ini adalah tantangannya. Saya yakin kalangan tua bisa sangat meragukan gagasan ini. Tapi kalau tidak sekarang kita mulai, kapan kita mendapatkan hasil Indonesia yang lebih baik. Kalau bukan kita generasi muda yang mengawali, mau siapa lagi. Semua mimpi besar pasti diawali cemooh, dipertanyakan hingga dikhawatirkan. Tapi tugas kita sebagai genearasi muda adalah membuktikannya. Karena kita amsih dianggap minim ilmu dan pengalaman, jadi gak jarang dianggap sebelah mata. Tapi sedikit saja hasil gerakan ini kelihatan, kita akan sangat diapresiasi dan dibantu berbagai pihak.
Pernikahan tidak akan terjadi bila
tidak diawali mengenal hanya sekilas. Perusahaan tidak akan pernah membesar
jika tidak dimuali dari garasi sekarang juga. Indonesia sebagai wadah warga
berkeyakinan adanya Dzat yang segala Maha (Tuhan). Tugas kita hanya melakukan yang bisa dilakukan sekarang juga.
Tuhan tidak menyuruh kita mengeluh yang tidak bisa kita lakukan.
Gak Pake Nanti-Nanti! Mulai Sekarang
Juga!
Identitas Indonesia yang
paling mudah kita kenalkan adalah batik. Ketika keluar negripun saya apsti
membawa batik. Kita bisa buat kepeloporan penggunaan #EverydayBatik. Tantangannya adalah para pembuat dan pengrajin
batik menginovasi baju batik yang bisa competebel di segala keadaan dan acara.
Inovasi bahan yang digunakan. Motif yang lebih diinovasi agar terlihat lebih
keren dan dinamis yang orang-orang luar negri ngena banget batik di hati dan
hasrat mereka.
Peci hitam juga bisa kita go
globalkan. Tantangannya merubah mindset dan budaya bahwa peci hitam itu keren diguanakn
generasi muda. Image yang awlanya hanya aksesorisa kaum tua jadi aksesoris gaul anak muda.
Pastinya akan kelihatan lebih kuat kita dan berwibawa dengannya. Tantangannya
juga dalam inovasinya. Begitu pula dengan blangkon.
Produk-produk buatan Indonesia kita
dorong dan bantu yang kita bisa berada di pusat-pusat perbelanjaan berbagai
belahan dunia. Saya sangat senang dan bahagia ketika keluar negri lihat merek
Indomie dan Antangin ada di toko dan supermarket di luar negri. Walau belum
menyeluruh banget seperti produk US dan Eropa.
Segi jasa juga bagaimana layaknya
seperti maskapai Garuda dan Lion Air bisa menjadi pilihan utama masyarakat
dunia saat travelling. Jangan mau kalah misalnya denga AirAsia layanan asli
Malaysia yang cukup berhasil mengambil hati masyarakat dunia untuk penerbangan
low costnya. Termasuk di kita sendiri. Jika layanan dari bule semacam Western
Union ada dimana-mana sampai ke pelosak desa di negri kita. Bagimana kita bisa
membuat layanan yang dapat membantu segi-segi kehiduapan manusia dunia hingga
ke plosok-plosok desa mereka juga.
Kita Bergerak Bersama!
Siapa yang tidak mau kita menjadi
negara yang kuat, mandiri, dihormati dan disegani dunia. Saat kita ke Eropa,
US, Australia, Timur Tengah, Asia dan dunia manapun kita dihormati dan
disegani. Bukankah kita kalau ada bule dan ketemu dimana-mana seketika saja
timbul rasa "wah" dan segan pada mereka. Bagaimana agar kita lebih
baik dari pada itu saat kita berada di negara manapun.
Mimpi ini tidak mudah, tapi bukan
berarti tidak bisa. Bila kita yakin bisa, dengan usaha pasti bisa! Syaratnya
kita tidak bisa sendiri-sendiri. Kita harus bersama-sama berbagai pihak dan
kalangan bersatu padu menyumbangkan pikiran, ide, tenaga dan apapun yang bisa
kita lakuakan pada niat dan tujuan mulia ini. Ayo kita sama-sama menjadi lidi-lidi
yang bersatu yang memiliki kekutan hebat. #IndonesiaMendunia bisa!